Kaltim Siap Jadi Tuan Rumah BIMP EAGA Frienship Games 2016

By Admin

nusakini.com--Kalimantan Timur (Kaltim) siap jadi pelenggara ajang multi event BIMP-EAGA Frienship Games 2016, 6-12 Desember 2016. Kesiapan ini ditegaskan Bere Ali, Asisten III Bidang Kesra Pemprov Kaltim pada BIMP EAGA Sports Council Meeting di Hotel Grand Clarion, Makassar, Jumat (3/6). 

"Semua venue yang akan dipakai bertanding sudah siap. Begitu pun dengan transportasi dan penginapan atlet seluruh kontingen. Intinya, kami ingin jadi tuan rumah yang baik," katanya.

Menurut Bere Ali, venue yang dipersiapkan merupakan lokasi yang dipakai pada PON 2008. "Venue itu juga terawat baik karena Kaltim juga kerap menggelar event nasional dan internasional," papar Bere.

BIMP-EAGA Frienship Games 2016 diikuti 22 kontingen dari lima negara. Ke-22 kontingen itu adalah Brunei Darussalam, Sarawak, Sabah, Labuan (Malaysia), Kaltim, Kalteng, Kalsel, Kaltara, Sulawesi Selatan, Sulteng, Sulbar, Sulut, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat (Indonesia), Mindanao, Palawan (Filipina), Darwin (Australia).

Ajang ini memperlombakan 11 cabang olahraga yakni Tenis Meja, Tenis Lapangan, Panahan, Karate, Atletik, Voli Pantai, Bulutangkis, Pencak Silat, Futsal, Sepaktakraw dan Bola Basket. "Semua atlet yang bertanding maksimal berusia 21 tahun atau kelahiran 1995. Selain, sebelas cabang resmi, ada juga tambahan satu cabang yakni golf yang memakai kriteria umum," ujar Jufri Rahman, Kepala Dinas Parawisata Sulsel yang kembali terpilih Chairman BIMP-EAGA sampai 2018. (ab)